Ads (728x90)

Farmers, lagi bingung bedain jenis-jenis barang. Ini Pape bantu kasih pengertiannya dengan  contoh daging kambing, semoga bisa lebih mengerti.

Pada dasarnya daging kambing termasuk barang shopping good, karena untuk mendapatkan atau membeli daging kambing membutuhkan banyak perencanaan dan adanya usaha yang agak keras serta perkembangan atas harga.

Jika daging kambing sudah mengalami perubahan bentuk maka sifat produk itu sendiri mengalami perubahan. Contohnya: Daging kambing yang sudah mengalami perubahan bentuk menjadi sate, kambing guling, gule kambing, sop, bakso dan sosis daging kambing.

Shopping Good. Sate termasuk barang shopping good karena perlu usaha dan pedagang sate tidak berada disemua tempat.
Speciality Good. Kambing guling termasuk barang specialty good, karena produk ini untuk mendapatkannya perlu usaha yang keras. Harganya mahal dan tidak semua lapisan masyarakat dapat menjangkaunya. Jika dilihat berdasarkan pendapatan, walaupun bisa itu betul-betul perlu usaha yang betul-betul keras untuk pendapatannya yang menengah dan kecil. Kambing guling hanya berada di tempat-tempat tertentu dan pemasarannyapun tidak diketahui orang banyak.
Convenience Good. Sop termasuk barang convinience good, karena harga sop ini relatif murah dan ada ditempat umum yang mudah di dapatkan.
Unsought Good. Bakso daging kambing termasuk barang unsought good, karena barangnya sedikit dan yang paling utama produk bakso daging kambing ini jarang atau tidak diketahui oleh orang banyak, hanya orang tertentu saja dan produk ini jarang ada, pemasarannya pun tidak diketahui siapa yang menjual dan bagaimana cara mendapatkan produk bakso daging kambing ini. Sosis daging kambing, termasuk barang unsought good hampir sama atau sama dengan produk bakso daging kambing.

Poskan Komentar

Bagaimana Komentar Anda?