Semangat Datang. email: papi@pasarpetani.com. 085288703410
Home » , » Tips Bagi Peternak Ayam dalam Kerjasama Kemitraan Inti Plasma

Tips Bagi Peternak Ayam dalam Kerjasama Kemitraan Inti Plasma

Written By HRH_julie on Kamis, 26 Juli 2012 | 17.09.00

Perusahaan kemitraan inti plasma adalah perusahaan yang bekerjasama dengan peternak untuk mewujudkan tujuan bersama yaitu keuntungan. Kerjasama dalam inti plasma dilakukan meliputi semua lini, yaitu bantuan modal bisa berupa dana, suplai pakan dan DOC yang diganti setelah panen, kemudian bantuan teknis dalam bentuk bimbingan produksi dan kesehatan, lalu distribusi dan pemasaran. Sebagai pihak yang terkadang dirugikan oleh perjanjian kerjasama, berikut tips bagi peternak ayam :
1. Buatlah kontrak kerjasama, kontrak yang ditandatangani kedua belah pihak di atas materai. Dengan begitu, jika ada salah satu pihak yang ingkar maka pihak yang lain dapat meminta kejelasan dan menuntut agar kewajiban dipenuhi.
2    2. Isi kontrak kerjasama dibaca terlebih dahulu, sebaik-baiknya, dimengerti kemudian jika ada yang tidak dimengerti atau ada aspirasi yang tidak tertampung hendaknya langsung ditanyakan ke perusahaan kemitraan sejelas-jelasnya. Berapa lama kontrak berlaku? Apa yang terjadi setelah kontrak selesai? Bagaimana mekanisme suplai pakan dan DOC? Tanggal kedatangan DOC? Pakan disuplai berapa kali, jumlahnya? Bagaimana mekanisme bimbingan teknis? Berapa kali petugas perusahaan datang ke peternakan? Bagaimana jika terjadi masalah? apakah akan ada dokter hewan jika ada masalah kesehatan? Bagaimana mekanisme pemasarannya? Apakah perusahaan kemitraan akan langsung mendatangkan penangkap peternakan? Jika iya, bagaimana biaya transportasinya? Apa yang terjadi jika belum ada yang membeli? Apakah akan jadi tanggung jawab sepenuhnya perusahaan kemitraan? bagaimana pembagian keuntungan? bagaimana bila terjadi kerugian? apakah akan ada toleransi pembayaran pinjaman? apakah perusahaan akan ikut menanggung kerugian?
3    3. Segala keinginan peternak diutarakan sebelum kontrak jadi dan ditandatangani, sehingga tertulis dalam kontrak.
4    4. Pada kerjasama yang menetapkan harga kontrak tetap, hendaknya dilakukan perhitungan studi kelayakan terlebih dahulu untuk menentukan harga yang pantas selama jangka waktu kontrak, sehingga peternak tidak mengalami kerugian saat terjadi kenaikan harga suplai seperti pakan, DOC, dan obat-obatan.
      5. Hitunglah biaya yang akan dikeluarkan sesuai berapa jumlah DOC yang dipelihara, selama produksi dan selama kontrak berlaku, sebelum penentuan harga kontak tetap. Sehingga, saat kontrak telah berjalan peternak tidak merugi akibat melonjaknya biaya, sementara harga yang ditetapkan perusahaan kemitraan tetap.
6    6. Lihatlah jejak rekam perusahaan kemitraan (Track Record), bertanya pada peternak lain yang bekerjasama dengan perusahaan tersebut, bagaimana pelayanan perusahaan kemitraan? apa pernah merugikan peternak? bagaimana jika peternak tersebut rugi, apa yang dilakukan perusahaan?
b    Bekerjasama dengan perusahaan kemitraan banyak membantu peternak khususnya dalam hal suplai, produksi dan pemasaran, namun sebagai peternak harus jeli dalam membaca dan membuat kontrak agar kedepannya jika terjadi kerugian atau kenaikan harga suplai, peternak dapat terbantu. Selamat bermitra, dan pilihlah perusahaan mitra yang jejak rekamnya baik!


  
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Pusing cari??? Ketik ajaa >>>.

Memuat...

>> TwitPap

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | Brantakan Studio
Copyright © 2011. Pasar Petani - Pasarnya Agripreneur - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Modified by Brantakan Studio