Ads (728x90)

Flood (Furrow) Irrigation, tipe irigasi yang banyak juga digunakan Indonesia, irigasi yang paling sederhana, dan paling murah yaitu air di pompa dari sumber, kemudian di alirkan ke sekitar tanaman. Kekuranganya adalah, sistem ini banyak membuang air percuma, karena air yang dialirkan belum tentu diserap tanaman.







Drip Irrigation (Irigasi tetes), tipe irigasi tetes yang juga sudah mulai digunakan di Indonesia. tipe irigasi ini lebih efisien digunakan untuk tanaman buah-buahan atau sayuran. prinsip dari irigasi ini adalah air di alirkan pada pipa yang di bolongi. Dibandingkan dengan irigasi Flood irigasi ini mencegah penguapan air, sehingga menghemat penggunaan air.Pembuatan irigasi tetes sederhana dapat dilihat di link http://www.pasarpetani.com/2012/04/blog-post.html


Spray Irrigation (Irigasi semprot), atau Center-Pivot system, tipe irigasi yang lebih modern, air di aliri pada pipa ke Sprayer Gun, kemudian alat tersebut akan menyemprotkan air ke seluruh tanaman. Biasa digunakan di pertanian skala besar, dengan tananaman seperti tanaman kedelai. Sistem yang sekarang digunakan untuk Spray Irrigation banyak menggunakan kendali program komputer, seperti yang dilakukan di Kanada. Sistem ini disebut Beneficial Management Practices (BMPS) membantu petani memilih program yang terbaik untuk tanaman mereka disesuaikan dengan keadaan lingkungan, untuk meningkatkan kualitas tanah dan air mereka.

Poskan Komentar

Bagaimana Komentar Anda?