BREAKING NEWS

Prof Usaha

Teknologi

Perikanan

Minggu, 22 April 2012

Irigasi Tetes (Drip Irrigation) Sederhana untuk Semangka, Melon & Sayuran

Panah merah : lubang keluarnya air (tetes)
Pengairan untuk tanaman sayuran dan buah memerlukan perhatian intensif karena sebagian besar bagian dari tanaman sayur dan buah terdiri dari air. Irigasi drip merupakan salah satu teknologi pengairan yang dapat digunakan untuk memudahkan irigasi sekaligus untuk menghemat air. Berikut merupakan cuplikan foto-foto drip irigasi yang sudah banyak diadopsi oleh petani sayuran dan buah. 

1. Pompa Air dan Kolam Penampungan
2. Hamparan Lahan Semangka



3. Sambungan T (Jalur Utama & Cabang) . Panah Kuning Arah Pergerakan Air
4. Sambungan T
5. Pipa Drip di Dalam Mulsa (panah merah : keluarnya air)
6. Panah Merah Keluarnya Air
7. Panah Kuning: Selang drip masuk kedalam mulsa, Panah Merah: Drip berada tepat di lubang tanam.
8. Air di pompakan dari sumber air
9. Arah pergerakan air dari selang jalur utama dan selang cabang
10. Kemasan selang cabang (satu gulung 150 meter, harga 85rb)
11. Tampilan selang cabang
12. Jarum goni (untuk menusuk lubang pengeluaran air)

31 komentar :

  1. salam,,, mau nanya mas, selang yang hitam itu selang jenis apa? harga? dipasaran banyak dijual ga? untuk keluarnya tetesan air selang nya dilubangi jarum? supaya tetesan merata (antar lubang terdekat dengan yang jauh dari pompa) gmn? maaf klo banyak nanya,
    terimakasih sebelumnya... :)

    BalasHapus
  2. mohon maaf sebelumnya karena artikel ini belum selesai namun sudah diposting (baru foto2 aj ea).. hehehehe..

    baeklah saya jawab satu2 aja ya.. :
    1. itu selang hitam memang untuk drip,.
    2. selang hitam kecil murah meriah. satu gulung panjang sekitar 150 meter sekitar Rp. 60-80rb
    3. didaerah sentra sayuran dan buah sudah banyak tersedia. coba cek di kios pertanian terdekat,.
    4. iya benull sekale pak de,.. tinggal di tusuk pake jarum (jarum goni) spt foto diatas untuk membuat lubang keluar air.
    5. Ujung pipa tersebut buntu. Sedangkan air dipompa dari sumber air, sehingga air sudah relatif rata pak. Silahkan dicoba dulu. Bnyak petani hanya membuat cabang dari jalur utama, dan cabang berakhir buntu. Hasilnya sudah cukup rata pak,..

    BalasHapus
  3. nais inpo gan....
    ane pas butuh banget bikin beginian....
    capek, nyiram terus....
    tapi kayaknya butuh biaya lumayan gede.. kebon cabe ane cuma sekitar 3000 pohon, ane tanam di polybag... kalo mesti nyiram pegel juga ni pinggang.
    kalo pake cara beginian butuh dana berapa yaa??
    Mesti beli penampungan air + selang N pralon....

    BalasHapus
  4. ga gede2 amat lho pak de, soalna bs dpake beberapa kali. itung2 biaya investasi.. klo populasi 3000 mngkn butuh pipa hitam kecil sekitar 15 gulung harga 65-80rb/gulung, selang besar sambungan antara sumber air dengan pipa hitam kecil tergantung luas tanam, paling butuh 500rbuan. yang penting lagi diesel untuk memompa air, harga sekitar 1,2jt-3jt. Ya paling biaya bisa sekitar 3-4juta untuk drip irigasi saja,..

    BalasHapus
  5. alhamdulillah..akhirnya ada jln kluar jg. mkasih mas bro.

    BalasHapus
  6. Mohon info lebih detail, saya di Cirebon paling dekat kemana yang jual selang warna hitam itu, saya sangat membutuhkannya karena saat ini puluhan hektar sawah kering tidak termanfatkan, jika saya bisa mengaplikasikannya dan diikuti petani lain maka akan sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. coba tanyakan ke toko pertanian di daerah anda pak, seharusnya sudah ada,. diderah sumatra sdh banyak dipake. untuk cirebon, kami sendiri belum punya informasi. klo memang tidak ada, kami bs bantu kirim dari lampung..

    BalasHapus
  9. Saya sudah cari sepertinya tidak ada di sekitar cirebon, mohon bantuan pengiriman dari lampung saja pak, sementara saya butuh sekitar 2000 meter kira2 berapa roll dan bagaimana cara transaksinya, atas perhatiannya terima kasih.

    BalasHapus
  10. hubungi albar 08569911437, 085288703410 saja ya pak ahmad,. nanti dibantu dicarikan di Lampung..

    BalasHapus
  11. Apa ada minimal dan maksimal titik drip dari satu mesin pompa?

    BalasHapus
  12. tergantung jarak sumber air dengan dripnya pak.. satu mesin yg pernah kami coba, jarak 200-300 meter masih cukup kuat. namun lebih dari itu belum pernah coba pak. dicoba2 aj pak, klo jelasin pake teori ribet,. hehe

    BalasHapus
  13. Pak, saya di Lampung bagian selatan (Kalianda), kalau mau beli peralatan irigasi di lampung dimananya. Saya sudah keliling-keliling sampai nyari di Karang hasilnya nihil. Mohon bantuan informasi dan kerjasamanya

    BalasHapus
  14. Coba cari kios usaha tani di karang mas,. sekitar pasar gintung. ato dikios2 daerah metro juga sudah ada, terutama di daerah Metrokibang.

    BalasHapus
  15. mohon info, dimana bisa dibeli drip selang. saya di kalimantan utara

    BalasHapus
  16. kalau wilayah kalimantan belum ada informasi dimana,. bisa order dari Lampung, hubungi albar 085288703410 atau 08569911437

    BalasHapus
  17. selang cabang yang telah saya beli nempel pak Albar, bagaimana menyiasatinya.... terimaksih banyak. salam pertanian....!!!!

    BalasHapus
  18. nempel gmn pak? selangnya emang nempel, tapi kalo dlalui air kan langsung kebuka..

    BalasHapus
  19. apa maksudna selangnya melintir/ menggulung sehingga selangnya nempel pak? kalo maksudna itu, sebelum mengalirkan air, selang ditata dengan permukaan yang sama, dipastikan tidak ada selang yg menggulung.. setelah siap, baru bisa mengalirkan lewat selang drip.

    BalasHapus
  20. kalau keaceh selang + ongkos kirim brp pak

    BalasHapus
  21. pak,saya di ACEH(nanggroe aceh darussalam)klo mau beli peralatan irigasi di mananya,udah keliling cari di toko pertanian ngak ada.mohon bantuan nya,trimkasih banyak

    BalasHapus
  22. Kami cuma bisa bantu dari Lampung, kurang tau kalau di Aceh dimana seharusnya di daerah-daerah sentra semangka sudah tersedia

    BalasHapus
  23. mohon bantuanya pak.. untuk pemasangan jalur utama dengan T bagaimana pak... kebetulan saya dilampung tengah pak

    BalasHapus
  24. Kalo di Surabaya dimana tempat jual selang hitam?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cv indoplastik, menjual selang terpal berkualitas
      info lebih lanjut ke http://www.indoplastik.com atau email my_indoplastik@yahoo.com

      Hapus
    2. maksud mas norwans selang hitam yang kecil, kalo selang terpal sih saya yakin di tiap daerah banyak

      Hapus
  25. Saya di Lombok NTB, dimana daerah terdekat yang menjual selang tetes...?

    BalasHapus
  26. Pak selang yg hitam itu ukuran diameternya berapa? Harga dan cara.belinya gimana? Saya agung di kediri jatim hp. 085235721313. Trim utk infonya

    BalasHapus
  27. misi saya daerah cianjur mohon info untuk daerah cianjur dimana saya pesan untuk selang tetes warna hitam. yg admin posting tolong bls ke imel saya trimakasih.

    BalasHapus
  28. Wah...sharing informasi yang sangat bermanfaat sekali, namun saya ada pertanyaan ;..apakah sistem irigasi tetes ini berjalan 24 jam, atau dijalankan saat sore sampai malam hari saja kah? Jika 24 jam..saat panas terik siang hari jika tetes airnya masih berjalan..apakah tidak pengaruh kepada tanamannya...,misal nya bisa mati atau layu. Menurut informasi yg saya saya tahu dimana jangan menyiram tanaman saat panas terik karena tanaman bisa mati..., mohon pencerahan nya Pak.

    BalasHapus
  29. informasinya sangat bagus,lahan saya ada di tanah perbukitan kurang lebih 2,5 ha,,tingkat kemiringan 30% sampai 45% dan level kolam penampungan ada di atas 25 m diatas lahan, kira kira masih perlu mesin pendorong gak ya, trus apa distribusi airnya bisa merata ya , karena beda ketinggian lahan paling atas dengan yang palling bawah kurang lebih 15 mtr. bagaimana cara merekayasnya. terima kasih.

    BalasHapus

Bagaimana Komentar Anda?

 
Copyright © 2013 Pasar Petani - Pasarnya Agripreneur
Powered byBlogger