Semangat Datang. email: papi@pasarpetani.com. 085288703410
Home » » Melihat Apartemen Ayam Arab Petelur yuk..

Melihat Apartemen Ayam Arab Petelur yuk..

Written By Pasar Petani on Jumat, 14 Oktober 2011 | 16.55.00

Baiklah para pengusaha tani pembangun negeri, kali ini kita akan melihat sekilas bagaimana gaya hidup ayam kelas ekskutif di dalam kandang. Secara prinsip Ayam juga punya hak untuk hidup layak sesuai dengan hak asasi kehewanan. Ada ayam borju dengan perawatan kelas atas, ada ayam kelas menengah dengan perawatan sedang-sedang aja, kadang dikasih makan kadang tidak, dan ada pula ayam kere, ayam kurang kasih sayang yang tidak pernah dikasih makan cuma diumbar saja dipekarangan (ayam mandiri, bisa cari makan sendiri hehe..)

Salah satu contoh ayam borju dengan perawatan dan gaya hidup mewah adalah ayam arab petelur. Ayam solehah yang kemana-mana pake kerudung (lihat aja kepalanya berkerudung putih atau cokelat, makanya disebut ayam arab). Ayam ini mempunyai produktifitas bertelur yang tinggi, hampir menyamai ayam petelur biasa. Terlebih penampakan telurnya seperti telur ayam kampung sehingga harga jual telurnya pun mengikuti harga dan cara jual ayam kampung yang notabene punya harga lebih tinggi dan dijual dengan hitungan per biji bukan per kilo.


Dengan produktifitas telur yang tinggi, maka pantas saja jika ayam arab petelur layak untuk dirawat layakna properti mewah. Untuk mendukung produktifitas dan efisiensi tempat, kandang ayam arab petelur dapat menggunakan kandang sistem tingkat seperti yang disajikan di koleksi foto-foto berikut ini.






Perhatikan bagaimana kandang ini disusun bertingkat seperti apartemen mewah. Kandang disusun bertingkat dengan tujuan agar tempat lebih efisien dan setiap ayam mendapat perlakuan sama. Peternak yang akan memberikan makan lebih mudah menjangkau setiap ayam, dan ayam menjadi lebih nyaman untuk membuang kotorannya tanpa mengganggu tetangga sebelahnya.. hehe.


Perhatikan di `bawah kandang terdapat kolam ikan yang dapat berguna untuk beberapa tujuan, pertama untuk menjaga kelembaban sehingga ayam lebih tenang di atas air dan daya telur ayam lebih baik, kedua dapat ditumpang sarikan dengan ikan sehingga dapat panen telur sekaligus panen ikan, ketiga mengurangi bau kotoran ayam, karena kotoran ayam dapat jatuh ke kolam dan langsung dimakan ikan. Alhasil kandang akan tampak bersih dan tidak bau.

Satu unit kandangan dengan ukuran 4 x 32 meter dapat menampung ayam sekitar 1000 ekor. wohh,. coba seandainya kita punya satu unit kandang sebesar itu ya,. tinggal kalikan saja omzetnya tiap hari.. misal ayam yang bertelur 80% dari populasi. 80%x 1000 x harga telur (Rp.1250) = Rp 1 jt.. weeh,. omzet perhari bisa Rp. 1 jt. itu kalo kita punya 1 unit kandang isi 1000 ekor. kalo kita punya 10 unit? lihat perputaran uangnya bos, 1 jt x 10 unit 30 hari = 300 jt sebulan,. brr...
Satu orang biasanya sanggup pegang lima unit kandang, atau sekitar 5000 ekor ayam.


Kamar ayam dibuat bersekat kecil agar ayam tidak banyak bergerak dan mengurangi penggunaan energi yang tidak penting, sehingga energi ayam bisa fokus digunakan untuk bertelur. Perhatikan sekatan kandang dan alas kandang yang dibuat agar telur dapat keluar dari kandang secara otomatis dan peternak tidak perlu susah-susah untuk panen telur :)


Semoga teknologi kandang bertingkat ini bermanfaat untuk semua :)

Salam,
ka_pasarpetani.com
Share this article :

9 komentar:

  1. berpa biaya minimal untuk kandang ukuran 4 x 10 m dan berapa kapasitas ayam yang bisa dipelihara?

    BalasHapus
  2. berpa biaya minimal untuk kandang ukuran 4 x 10 m dan berapa kapasitas ayam yang bisa dipelihara?

    BalasHapus
  3. berpa biaya minimal untuk kandang ukuran 4 x 10 m dan berapa kapasitas ayam yang bisa dipelihara?

    BalasHapus
  4. klo harga bisa menghitung dari gambaran yang ada difoto, bisa dtunjukkan k tukang bangunan yg lebih paham, tiap tempat kan hrga beda tergantung bahan juga. sedangkan kapasitas sudah dijelaskan di artikel ya pak..

    BalasHapus
  5. ini lokasinya dimana mas? apa bisa lihat lihat kesana untuk belajar/studi banding?

    BalasHapus
  6. lokasi di bogor bos,. di trias farm, di BSD Darmaga, Bogor. Artikel ini berasal dari tugas waktu kuliah dulu :) hehe...ya mungkin aja bisa untuk studi banding.

    BalasHapus
  7. sori bukan BSD tp BBS,. heheu..

    BalasHapus
  8. komposisi pakannya gimana bos???

    BalasHapus
  9. halo pasar petani, saya sondang dr mnc channel. saya rencana mau meliput apartemen ayam dan telur ayam arab. saya boleh minta contacnya?? atau bisa email ke saya sondang_manurung@mncgroup.com

    BalasHapus

Bagaimana Komentar Anda?

Pusing cari??? Ketik ajaa >>>.

Memuat...

>> TwitPap

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | Brantakan Studio
Copyright © 2011. Pasar Petani - Pasarnya Agripreneur - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Modified by Brantakan Studio